Pra Operasional 1 Olahraga Air, Akhir Pekan di Sungai Cisadane

DCIM108GOPRO

Pagi itu kami bersiap-siap mengemasi barang bawaan pribadi kami karena setelah Salat Jumat kami harus ke sekretariat KAPA FTUI untuk persiapan Pra Operasional 1 Olahraga Air. Pra Ops 1 ORA kali ini bertepatan dengan long weekend yang berada pada tanggal 14-16 April 2017. Pra ops kali ini diikuti oleh dua belas orang, dengan Ibrahim sebagai kepala rombongan.

Pra ops kali ini memiliki keunikan tersendiri karena kami menerapkan sistem river camp yang mengharuskan kami membangun tenda di bantaran sungai. Hujan yang mengguyur saat kami membangun tenda mengharuskan kami untuk berhenti sejenak.

Hari selanjutnya kami bangun pagi hari seperti biasa untuk memulai kegiatan. Setelah salat subuh, kami menyiapkan peralatan seperti pompa dan perahu. Pengarungan kami mulai sekitar pukul 8 pagi.

Materi pertama yang kami terapkan adalah renang jeram. Di materi kami kali ini kami harus menerapkan penggunaan renang pasif dan aktif di arus. Kami juga belajar cara menggunakan safety rope. Setelah sekitar 2 jam berlalu, kami melanjutkan perjalanan kami. Materi lain yang harus kami terapkan pada kegiatan pra ops 1 ini adalah skipper paddle, river running system, dan karakteristik sungai. Selama pengarungan kami diberi kesempatan menjajal bangku skipper oleh kepala divisi kami.

Selama pengarungan kami belajar bagaimana caranya menerapkan materi-materi yang telah diberikan seperti C-stroke dan J-stroke­. Hampir dari kami semua kesulitan dalam mengontrol perahu karena kami belum terbiasa menggunakan materi tersebut. Selama perjalanan pun kami tidak hanya menikmati pemandangan Sungai Cisadane sambil menjadi skipper, tetapi kami juga mempelajari karaktersitik sungai–seperti melihat hidrolik, hole, undercut, dll–serta bagaimana cara kerja dan perbedaan dari setiap karakteristik tersebut.

Selama pengarungan yang memakan hampir 4 jam tersebut kami sempat beristirahat sebentar untuk ishoma di pertemua Sungai Cisadane dan Cianten. Rest kedua kami adalah saat kami mengambil foto individu di pertambangan batu kali yang berada dekat finish point.

Pengarungan selesai sekitar pukul 14.30 dan kami sampai ke basecamp pukul 15.00. karena kondisi fisik dan waktu yang mepet tidak memungkinkan kami melaksanakan pengarungan kedua, akhirnya kami sepakat untuk berlatih kembali renang jeram di sekitar starting point. Pukul 17.00 kami kembali ke base camp untuk bersiap-siap pulang. Kami sampai kembali di kampus UI pada pukul 2 dini hari. Perjalanan kami yang melelahkan kami akhiri dengan beristirahat.