Mengarungi Sungai Cianten

(Achmad Irfandi NR 1479 )

Pada hari Jumat, tanggal 25 November 2016 peserta Welcome To Nature (WTN) olahraga air melakukan perjalanan ke Sungai Cianten yang diikuti oleh 30 peserta dan dua orang dari non-KAPA, kami berangkat pada pukul sepuluh menit lewat dari pukul sepuluh malam menggunakan dua mobil pribadi dan kereta menuju Bogor yang menghabiskan waktu sekitar dua jam sesampainya disana kira-kira jam 24.04 di perjalanan beberapa dari kami ada yang beristirahat tetapi beberapa ada yang tetap terbangun untuk menunjukan jalan ke tujuan.

 Disana kita semua tidur di dalam saung, tenda dan beberapa ada yang berada di tempat parkiran mobil untuk menjaga mobil. Sesampainya disana, kami merapihkan barang barang disaung, setelahnya kita melanjutkan agenda dengan evaluasi pelaksanan dan perencanaan. Evaluasi berakhir kira-kira pukul 3.15 AM, berakhirnya evaluasi menandakan berakhir pula agenda di hari tersebut dan para peserta dipersilahkan untuk istirahat untuk pengarungan besok hari.

Pada hari selanjutnya, yaitu hari Sabtu tanggal 26 November 2016 kita bangun pada pukul 4.45 untuk solat subuh dan siap-siap untuk sarapan, setelah semua terlaksana kami menyiapkan barang barang untuk pergi ke tujuan untuk mempersiapkan pengarungan namun pelaksanaan pengarungan agak terlambat dari jadwal karena ada beberapa peserta yang baru menyusul hari itu dan masih dalam perjalanan. Setelah semua sudah siap di tempat pengarugan kami mulai pemanasan dan berdoa agar selamat sampai garis akhir.

Pengarungan kami pun dimulai. Awalnya, sering terhenti karena tersangkut di bebatuan karena kondisi sungai yang memang berbatu. Setelah beberapa menit pengarungan turun hujan yang dikhawatirkan membuat debit sungai menambah. Namun, diputuskan untuk tetap melanjutkan dan tidak beristirahat karena sebentar lagi sampai ke garis akhir. Sesampainya di garis akhir, kami langsung berfoto dan makan snack untuk mengisi perut yang lapar. Setelah snacking, kami semua membawa alat-alat ke basecamp untuk dirapihkan kembali dan memasak makan malam diikuti dengan kegiatan ibadah serta mandi.

Ketika makanan sudah siap, kami semua makan karena pengarungan menghabiskan lumayan banyak tenaga yang membuat kami lapar. Setelah itu, kami semua berbincang-bincang sampai pukul delapan malam, dilanjutkan dengan evaluasi pada malam hari itu. Berakhirnya evaluasi, berakhir pula agenda dihari itu dan peserta dipersilahkan untuk istirahat.

Hari Minggu tanggal 27 November saatnya kita untuk pulang ke FT UI. Tapi sebelumnya kita memasak dan memakan sarapan terlebih dahulu dan peserta diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan warga sekitar. Setelah itu, kami semua melakukan foto bersama memakai bendera kapa di basecamp dan di jembatan. Peserta langsung masuk ke mobil untuk pulang ke FT UI. Sesampainya di FT UI kita harus mencuci alat dan evaluasi untuk yang terakhir kali. Berakhir evaluasi ini juga mengakhiri agenda dari perjalanan WTN Olahraga Air bagian pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *