LITE Adventure 2018: Alas Purwo-Bangsring

Pada Januari 2018 lalu, tepatnya pada tanggal 21 sampai 28, kami, KAPA FTUI, melakukan sebuah perjalanan panjang yang bernama LITE (Lost In The Exotic) Adventure yang menyenangkan pun juga melelahkan dan perjalanan ini sendiri merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh KAPA FTUI setiap tahunnya. Perjalanan dimulai pada hari minggu (21 Januari) malam dengan menggunakan sebuah bus sewaan. Rombongan kami berjumlah sebanyak 35 orang.

Tujuan dari perjalanan kami adalah ujung timur dari Pulau Jawa, yaitu Banyuwangi. Ada 2 tempat yang akan kita kunjungi di sana, yakni Taman Nasional Alas Purwo dan Desa Bangsring. Kami sampai di Banyuwangi pada hari Selasa, 13 Februari 2018 saing hari. Sesampainya di sana kami langsung menuju ke Taman Nasional Alas Purwo sebagai tujuan pertama kami.

Sore harinya kami sampai di Taman Nasional dan langsung menurunkan barang bawaan kami dari bus kemudian mendirikan tenda untuk tempat kami beristirahat di malam hari. Malam pun tiba dan kami beristirahat setelah kegiatan masak dan makan selesai. Keesokan paginya kami bersiap-siap untuk menuju ke Sadengan. Sadengan merupakan sebuah savana buaran yang ada di Taman Nasional Alas Purwo dan di savana ini masih terdapat binatang-binatang khas Jawa Timur, seperti Banteng dan Burung Merak. Setelah puas melihat pemandangan, kami melanjutkan perjalanan ke pantai untuk sekedar main air di sana dan bersenang-senang. Kemudian sore harinya kami kembali ke tempat tenda kami untuk bersih-bersih, masak, makan, dan merapikan tenda. Malam harinya kami berpindah tempat menuju ke daerah rumah warga yang ada di daerah Taman Nasional Alas Purwo untuk beristirahat di sana.

Keesokan harinya, hari Kamis, kami bangun dini hari untuk bersiap-siap menuju ke Teluk Banyubiru menggunakan perahu yang sudah disediakan di sana dengan maksud ingin melihat sunrise di sana. Perjalanan menggunakan perahu memakan waktu sekitar 2-3 jam. Sesampainya di sana kami makan sarapan kami yang telah dibawa dari tempat kami beristirahat sebelumnya. Setelah kami semua kenyang, kami langsung berfoto-foto di sana dan saat hari sudah mulai siang, kami bersiap-siap mengenakan pakaian snorkling yang telah disiapkan. Kami ber-snorkling di sana selama sekitar 2 jam dan menuju kembali ke tempat kami beristirahat pada sore harinya kemudian langsung bersih-bersih.

Hari selanjutnya, hari Jumat, kami melakukan perjalanan menuju ke Desa Bangsring dengan membawa semua barang-barang kami karena kami tidak kembali ke Taman Nasional Alas Purwo. Sesampainya di sana kami makan terlebih dahulu. Setelah makan, kami ada materi kelas yang disampaikan oleh penduduk setempat dan lanjut untuk melakukan coral tagging. Kami menghabiskan banyak waktu di sana dengan berenang, bercanda-canda, dan lain-lain. Setibanya malam hari, kami bersih-bersih dan kemudian melanjutkan perjalanan untuk kembali ke FTUI. Tepat pada Minggu siang kami sampai di FTUI.

Itulah rangkaian perjalanan yang telah kami lakukan selama 8 hari dari mulai berangkat hingga kembali lagi ke tempat asal. Perjalanan tersebut sangatlah menyenangkan dan banyak meninggalkan cerita untuk kami.

By: Pandega Atana (NR 1538)