Rekening KAPA FTUI - Mandiri : 157-00-0339036-7

Kapa Login

Membuat Panel Surya Sendiri PDF Print E-mail
Written by NothingImpossible   
Monday, 11 February 2013 09:36

Seperti yang kita ketahui bersama solar panel adalah alat yang digunakan untuk menangkap energi matahari untuk kemudian mengubahnya menjadi energi listrik untuk berbagai keperluan seperti menghidupkan lampu listrik, kompor listrik, keperluan listrik rumah tangga dan bahkan dalam perkembangannya solar panel digunakan untuk menghidupkan mobil listrik. Untuk membuat solar panel modern mungkin kita butuh ilmu tambahan dan waktu ekstra, Namun sebelum kita bisa membuat solar panel seperti yang digunakan untuk menghidupkan mobil listrik, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membuat solar panel sederhana terlebih dahulu. Karena sesuatu yang besar tidak akan terjadi tanpa permulaan sesuatu hal yang kecil. So... inilah cara membuat solar panel sederhana yang dikutip dari sebuah sumber di internet.

 

Langkah pertama adalah dengan membuat  plat oksida cuprous  (plat besi yang berkarat) berbentuk kotak, kemudian bersihkan  salah satu sudut dengan amplas untuk disolder dengan kabel tembaga, plat tersebutakan berfungsi sebagai sisi negatif. Kemudian kita membuat plat positif dengan membentuk potongan U  dari lembaran tembaga, sedikit lebih besar daripada plat oksida cuprous, dengan bagian dalam potongan U sedikit lebih kecil daripada plat oksida cuprous. Setelah itu solder kabel tembaga disalah satu sisi dari plat U tersebut. Rekatkan plat berbentuk U pada plastik bening CD bagian depan dengan lem silikon yang banyak agar tidak terjadi kebocoran. Pastikan bahwa koneksi solder benar-benar tertutup dengan lem, atau berada di luar lem – an berbentuk, seperti digambar.

Gambar 1 : Pembersihan salah satu sudut


Gambar 2 : Sisi belakang solar panel

Gambar diatas menunjukkan sisi belakang dari solar cell (di sisi yang tidak menghadap matahari). Dan gambar di bawah ini menunjukkan sisi depan solar cell (sisi yang akan menghadapi matahari), perhatikan bahwa lem silikon tidak sepenuhnya menutupi plat tembaga yang berbentuk U, karena nantinya sebagian dari plat tembaga harus bersentuhan dengan air asin.

Gambar 3 : Peletakan plat

Langkah berikutnya adalah meletakkan plat yang berbentuk kotak diatas plat U, namun sebelumnya lem kembali plat U sehingga membentuk lapisan yang tebal, lapisan tersebut berfungsi untuk isolator dan agar membuat ruangan ruang untuk air asin. Sekali lagi, tidak semua bagian tembaga tertutup, sehingga akan ada bagian dari tembaga didalam kontak dengan air asin. Rekatkan plat kotak kelapisan lapisan lem tersebut. Anda harus menekan cukup keras untuk memastikan bahwa tidak ada celah, tapi tidak begitu keras sampai dua plat saling bersentuhan.

Gambar 4 : Sisi Depan Belakang Panel

Gambar diatas menunjukkan sisi belakang solar cell (di sisi yang tidak menghadap matahari). Dan gambar bawah ini menunjukkan sisi depan solar cell (sisi yang akan menghadapi matahari), perhatikan bahwa kita akan menambahkan lem ekstra untuk membentuk saluran di bagian atas untuk membiarkan air asin yang akan ditambahkan.

Gambar 5 : Sisi Depan Solar Panel

Selanjutnya, gunakan pipet besar untuk menambah air asin. Isi sel hampir ke bagian atas plat tembaga, sehingga hampir tumpah keluar.Kemudian menutup saluran dengan lem, dan biarkan lem sampai kering.

Gambar 6 : Panel Surya Sederhana

Dalam gambar di atas kita dapat melihat solar panel bekerja di terik matahari, memberikan sekitar 36 microamperes saat ini. Kita  juga dapat melihat  tambahan lem di sekitar tepi plat, dan mengisi bagian atas saluran. Selamat mencoba. :D

 

Sumber referensi : http://bangsaut.wordpress.com/2009/09/11/membuat-solar-panel-sederhana/

 

BACA JUGA :

1. PENEMU SEPEDA

2. SEJARAH WALKY TALKIE

 

Share
Last Updated on Monday, 11 February 2013 10:08
 

Majalah Gita Pertala

Kura Kura Info

Anggota

Rekor Baru Terpecahkan! Siswa Termuda Sepanjang Masa

Rekor Baru Terpecahkan! Siswa Termuda Sepanjang Masa

Tuesday, 03 December 2013

Nadira Putri Pinasthika . Lahir di Jakarta 15 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 12 Juli 1998. Posturnya yang kecil membuat dirinya terlihat masih sangat kec...

Info Umum

Umum

Di Mana Kakimu Menjejak, di Situ Rumahmu

Sunday, 20 July 2014

Sebuah sinopsis buku berjudul Rumah adalah di Mana Pun karya 19 Pejalan Perempuan

Sesuai titelnya yang menuansakan kehangatan bahwa faktanya, kemanapun kamu perg...